• SMK MODEL PATRIOT IV CIAWIGEBANG
  • Patriot SMART (Santun, Mandiri, Antusias, Religius, dan Trampil)

Efektivitas Blended Learning di Era New Normal | Rilia srihantika ningsih, S.Pd.

Sudah lebih dari satu setengah tahun pandemi Covid-19 menyerang negara kita. Dampak pandemi memang sangat terasa bagi masyarakat, mulai dari kalangan pejabat, pebisnis, hingga pelajar dan mahasiswa. Setelah sekian lama mengikuti pembelajaran jarak jauh, akhirnya beberapa sekolah mulai menggelar PTM terbatas. Lantas, seberapa efektivitas blended learning? Berikut pembahasannya.


Mengenal Blended Learning
Kita tahu bahwa ada metode pembelajaran baru yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Pemerintah menetapkan sistem belajar jarak jauh atau PJJ dengan memanfaatkan teknologi digital.Namun, kini kasus Covid-19 di Indonesia sudah semakin melandai. Akibat hal itu, pemerintah memutuskan untuk memperbaharui kebijakan terkait pembelajaran. Sekitar bulan Agustus, pemerintah sudah mengizinkan beberapa sekolah untuk menggelar PTM secara terbatas.Metode pembelajaran yang baru ini bernama blended learning. Sesuai namanya, peserta didik akan mengikuti pembelajaran campuran, yakni online dan offline. Namun, pembelajaran ini hanya bisa digelar sekolah-sekolah yang sudah berada dalam zona hijau dan orange.Blended learning bisa dianggap sebagai transisi agar pembelajaran pasca pandemi lebih baik. Selain itu, metode belajar ini setidaknya bisa mengobati rasa kangen kita dengan sekolah dan teman-teman.

Jenis Blended Learning
Sebelum mengetahui efektivitas blended learning, kita perlu membekali diri dengan pengetahuan terkait berbagai jenis blended learning. Apa saja jenis-jenisnya? Simak jawabannya berikut ini.
1. Station Rotation

Jenis yang pertama adalah Station Rotation. Metode pembelajaran campuran ini dilakukan dengan cara membagi satu jam tatap muka menjadi tiga bagian. Misalnya, tatap muka berlangsung selama 120 menit. Maka, masing-masing kegiatan berlangsung selama 40 menit.


2. Flipped Classroom

Selanjutnya, ada jenis blended learning flipped classroom yang sangat terkenal dan terbukti paling efektif diantara semuanya. Flipped classroom merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara online dengan melihat materi atau konten yang sudah disiapkan.Kemudian, peserta didik akan melakukan pembelajaran di luar sekolah dengan memperdalam materi. Bahkan, kita bisa melakukan aktivitas menarik sambil memecahkan soal. Maka dari itu, bisa dibilang metode pembelajaran ini merupakan kelas terbalik yang formatnya masih tradisional, tapi dijalankan menggunakan konteks baru.

3. Enriched Virtual

Pada jenis blended learning ini, fokus pembelajaran peserta didik adalah secara online. Namun, kita tetap akan melaksanakan pembelajaran tatap muka beberapa kali sesuai kebutuhan. Jadi, tidak ada ketentuan mutlak berapa lama kita mengikuti PJJ atau pembelajaran daring.Sekilas, konsep Enriched Virtual memang terlihat mirip dengan Flipped Classroom, yakni memperhatikan keseimbangan waktu belajar tatap muka dan online. Namun, pembelajaran tatap muka dalam metode ini tidak dilakukan setiap hari.

4. Lab Rotation

Model pembelajaran ini lebih mirip dengan Station Rotation. Peserta didik mendapat kesempatan untuk mengganti dan membagi jadwal yang sudah dilakukan, tapi ruangan sasarannya merupakan laboratorium komputer. Selain fleksibel, efektivitas blended learning ini juga sangat terlihat.

5. Flex

Model yang satu ini fokus utamanya adalah pembelajaran online. Namun, aktivitas pembelajaran offline tetap dilaksanakan bila ada peserta didik yang membutuhkannya. Offline atau online ditentukan dari kerja kelompok, proyek tertentu, ujian praktek, atau bahkan bimbingan pribadi.Sama dengan namanya, flex blended learning sangat fleksibel dan adaptif. Kita tidak perlu membuang waktu lama untuk belajar di sekolah, tapi tidak juga kebingungan bila ada tugas kelompok yang mengharuskan kita untuk bertemu tatap muka.

6. Inside-Out

Keenam, ada model inside-out. Metode pembelajaran ini lebih berfokus pada tatap muka. Jadi, pembelajaran daring dan alat teknologi digital hanya berperan sebagai alat pendukung saja.

7. Outside-In

Kebalikan dari model sebelumnya, model pembelajaran ini meletakkan fokusnya pada teknologi digital. Jadi, nanti kita akan belajar secara daring atau di luar kelas terlebih dahulu. Kemudian, kita akan masuk ke dalam kelas untuk berbagi pengetahuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran.


Efektivitas Blended Learning Selama New Normal
Bila dibandingkan dengan metode pembelajaran daring atau tatap muka, tentu saja blended learning jauh lebih efektif. Lewat metode pembelajaran ini, kita bisa merasakan dua suasana sekaligus, yakni belajar daring dan luring. Dengan begitu, kita tidak akan mudah bosan dan bersemangat untuk menjalani proses pembelajaran.Ketika sedang belajar daring, kita bisa melakukan pembelajaran dari mana saja, sehingga lebih efektif dan efisien. Sementara saat belajar tatap muka, kita bisa mendalami materi pelajaran yang mungkin sulit untuk dimengerti, seperti matematika, fisika, dan kimia.Pembelajaran campuran ini juga bisa memudahkan kita dalam melakukan aktivitas pembelajaran yang lebih menyenangkan. Masalah anggaran juga tidak perlu kita pikirkan karena kita bisa menghemat biaya transport, menghemat kertas, dan biaya lain-lain.

Tips Blended Learning di Era New Normal
Untuk mengoptimalkan efektivitas blended learning, kita harus memperhatikan beberapa hal. Berikut beberapa tips selama mengikuti blended learning di era pandemi.
1. Tetap Fokus

Sebagai seorang pelajar, tentu saja kita harus tetap fokus selama mengikuti pembelajaran, baik secara offline maupun online. Belajar dari rumah memang lebih sulit untuk fokus, sih. Namun, kita harus memiliki tekad dan niat yang kuat untuk belajar agar fokus tidak hilang.Agar perhatian semakin terpusat pada pembelajaran, jauhkan diri kita dari berbagai gangguan. Misalnya, menjauhlah dari anggota keluarga lain yang berisik dan berpotensi mengganggu proses pembelajaran. Selain itu, jangan buka aplikasi lain bila guru menerangkan materi.

2. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman

Lingkungan belajar sangat mempengaruhi kualitas belajar seseorang. Bila kita mau mendapat hasil yang maksimal, tentu saja kita harus menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Di era new normal seperti sekarang ini, kita bisa mencari ruangan khusus yang tidak terlalu berisik selama mengikuti pembelajaran dari rumah.Sementara itu, saat belajar tatap muka, usahakan untuk tetap menjaga jarak dan meminimalisir interaksi fisik dengan teman. Setelah pandemi, sebagian teman kita mungkin tak lagi merasa nyaman bila berbincang terlalu dekat.Mengingat pandemi yang belum usai, kita tetap harus menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, nyaman, dan aman. Ingat, selalu gunakan masker, mencuci tangan, dan jauhi kerumunan selama pembelajaran offline.

3. Buat Jadwal Pembelajaran

Jadwal belajar juga sangat penting untuk kita miliki, apalagi jika kita termasuk dalam golongan orang yang santai. Memang sih, blended learning membuat kita terlena karena terbilang lebih santai dan fleksibel. Namun, pendidikan kita di masa sekarang sangat menentukan masa depan kita kelak.Supaya masa depan kita tidak berantakan, buat jadwal pembelajaran yang sistematis dan terstruktur. Misalnya, kita bisa mengikuti pembelajaran online setiap hari senin - kamis dan pembelajaran offline setiap hari jumat. Jangan lupa untuk menyusun jadwal belajar mandiri di luar jam PJJ atau PTM.

4. Persiapkan Alat Penunjang

Terakhir, kita harus mempersiapkan semua alat penunjang dalam pembelajaran offline dan online. Bila sedang belajar online, siapkan gawai yang memadai. Selain itu, pastikan koneksi internet cukup bagus, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan belajar mengajar.Sementara itu, kita perlu menyiapkan buku, alat tulis, dan perlengkapan sekolah lainnya bila mengikuti pembelajaran secara offline. Ingat ya, soal alat sekolah bukan masalah mahal atau murah, melainkan berfungsi atau tidak.

Efektivitas blended learning mungkin tidak setinggi pembelajaran tatap muka. Namun, metode ini bisa dijadikan sebagai satu-satunya alternatif untuk mengganti metode belajar daring selama masa new normal. Selain itu, metode ini juga bisa mengobati kerinduan kita pada kelas, guru, dan teman-teman. 

oleh: Rilia srihantika ningsih, S.Pd.

Komentar

Terimakasih, blog artikel seputar belajar virtual bermanfaat sekali. Berbagai macam teknologi selalu berkembang di era digitalisasi bermanfaat untuk pengguna. Satu layanan teknologi yang dapat diimplementasikan yaitu jasa Jasa AR Jakarta adalah teknologi mencakup dan berbasis Augmented Reality untuk user dapat merasakan pengalaman imersif secara mendalam.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMK Model Patriot IV Ciawigebang Sukses Gelar Uji Kompetensi Keahlian

Pada tanggal 16-17 April 2024, SMK Model Patriot IV Ciawigebang telah berhasil melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian bagi siswa-siswinya. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang turu

17/04/2024 17:46 - Oleh Administrator - Dilihat 83 kali
Pengaruh Lingkungan Terhadap Kualitas Belajar

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kualitas Belajar (Imas Siti Nurhasanah, S.H) Pengaruh lingkungan terhadap kualitas belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keb

02/03/2024 10:26 - Oleh Administrator - Dilihat 881 kali
Pentingnya Pendidikan Literasi dalam Menghadapi Era Informasi dan Teknologi

Pentingnya Pendidikan Literasi dalam Menghadapi Era Informasi dan Teknologi (Oleh : Lilis Sumiati, S.Pd.) Pentingnya pndidikan literasi dalam menghadapi era informasi dan teknologi me

02/03/2024 10:22 - Oleh Administrator - Dilihat 383 kali
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasional Untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasional untuk Memenuhi Kebutuhan Industri Oleh : Hj. Tati Nursiti, S.Pd. Meningkatkan kualitas pendidikan vokasional untuk memenuhi kebutuhan indus

18/02/2024 12:13 - Oleh Administrator - Dilihat 442 kali
PKKS SMK Model Patriot IV Ciawigebang Tahun 2023

Hari ini, telah selesai dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah oleh pengawas SMK. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan salah satu upaya untuk mengukur sejauh mana ki

18/12/2023 12:19 - Oleh Administrator - Dilihat 127 kali
PENTINGNYA ORGANISASI DALAM RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN

PENTINGNYA ORGANISASI DALAM RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN Oleh : Neni Anih, S.Pd.I. Kuningan, Desember 2023 Abstrak Latar belakang dalam artikel ini adalah bagaimana cara belajar beror

03/12/2023 04:06 - Oleh Administrator - Dilihat 834 kali
KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK DAN SMK PUSAT KEUNGGULAN

KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK DAN SMK PUSAT KEUNGGULAN (Endang Hernawan, S.Pd) Pendidikan adalah hal yang paling mendasar bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu kualitas pendidik

02/12/2023 11:37 - Oleh Administrator - Dilihat 150 kali
Peran Bahasa Inggris di Era Revolusi Industri 4.0

Peran Bahasa Inggris di Era Revolusi Industri 4.0 (Angga Permadi, S.Pd.) Akhir-akhir ini istilah era revolusi industry 4.0 kerap disebut-sebut oleh banyak orang. Kendati demikian, mas

01/12/2023 14:53 - Oleh Administrator - Dilihat 481 kali
Siswa SMK Model Patriot IV Ciawigebang Raih 4 Piala dalam Kuningan Silat Championship

Kuningan, 23 November 2023 - Siwa SMK Model Patriot IV Ciawigebang mengukir prestasi mengagumkan dalam kegiatan Kuningan Silat Championship. Dalam kompetisi ini, mereka berhasil membawa

23/11/2023 18:04 - Oleh Administrator - Dilihat 428 kali
Prestasi Memukau! Tim Tari SMK Model Patriot IV Ciawigebang Juara 1 Lomba Tari Wilayah 3 Cirebon

Cirebon, 23 November 2023 - Tim Tari SMK Model Patriot IV Ciawigebang berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih gelar juara 1 dalam Lomba Tari se- Wilayah 3 Cirebon. Lomba yang

23/11/2023 15:03 - Oleh Administrator - Dilihat 298 kali