• SMK MODEL PATRIOT IV CIAWIGEBANG
  • Patriot SMART (Santun, Mandiri, Antusias, Religius, dan Trampil)

Pentingnya Pendidikan Literasi dalam Menghadapi Era Informasi dan Teknologi

Pentingnya Pendidikan Literasi dalam Menghadapi Era Informasi dan Teknologi

(Oleh : Lilis Sumiati, S.Pd.)

Pentingnya pndidikan literasi dalam menghadapi era informasi dan teknologi menjadi komponen penting yang harus dimiliki oleh individu dalam menghadapi berkembang pesat saat ini. Informasi yang sangat mudah didapatkan dan dapat diakses kapan saja, menjadikan masyarakat semakin terpapar dengan berbagai macam informasi yang bisa jadi benar ataupun hoaks.

Informasi yang bisa didapatkan dengan mudah dan dari berbagai sumber ini menjadikan pendidikan literasi sangat penting untuk dimiliki agar tidak mudah tertipu atau termakan hoaks dari informasi yang beredar. Pendidikan literasi ini meliputi kemampuan dalam memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dengan bijak sehingga informasi yang didapatkan dapat berfungsi secara efektif dan tepercaya.

Lalu, sampai sejauh mana sebenarnya literasi mempengaruhi perkembangan zaman, berikut ini ulasan lengkapnya.

Pentingnya Pendidikan Literasi dalam Menghadapi Era Informasi dan Teknolog

Literasi erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia suatu negara, bahkan menurut data negara maju memiliki masyarakat dengan Tingkat literasi yang tinggi. Seberapa pentingnya pendidikan literasi dalam menghadapi era informasi dan teknologi dapat dilihat dari uraian di bawah ini.

  1. Selektif dalam Menyaring dan Menganalisis Informasi

Saat ini cara untuk mendapatkan informasi dengan cepat telah berubah, misalnya saja dahulu orang-orang mendapatkan informasi melalui koran atau radio. Akan tetapi, saat ini, internet memungkinkan setiap orang untuk dapat mengakses informasi dimanapun dan kapanpun.

Cukup menuliskan kata kunci, maka mesin pencari di internet menyajikan beragam informasi yang dibutuhkan. Kecepatan dalam mengakses informasi ini memberikan keuntungan, tetapi juga membawa risiko terjadinya kesalahan dalam mencerna informasi yang ada.

Tidak semua informasi yang terdapat di internet itu dapat dipercaya. Itulah kenapa literasi atau menelaah tulisan menjadi poin penting yang harus dimiliki oleh masyarakat saat ini. Ironinya, Indonesia termasuk salah satu negara dengan Tingkat literasi yang rendah.

Tentunya ini harus menjadi evaluasi pemerintah untuk mendorong efektifnya pendidikan literasi. Di kurikulum Merdeka sendiri pendidikan literasi telah banyak ditambahkan, bahkan pada sistem penerimaan universitas yang terbaru terdapat tes khusus literasi.

  1. Bersikap Waspada terhadap Bahaya Digital

Pada era informasi dan teknologi ini, bahaya digital juga memungkinkan terjadi. Hal ini penting untuk dipahami setiap orang ketika melakukan pencarian informasi di internet. Bahaya digital dapat berupa penipuan online atau kebocoran data.

Pentingnya pendidikan literasi agar dapat menghindari bahaya digital yang memungkinkan terjadi. Marak sekali korban-korban penipuan yang kehilangan uang dikarenakan kurangnya sikap waspada terhadap bahaya digital yang mungkin terjadi pada era informasi dan teknologi ini.

Kurangnya literasi juga menjadi salah satu penyebab banyaknya korban kejahatan cyber di Indonesia. Bahkan issue ini terus meningkat tanpa adanya penanganan signifan dari pemerintah. Dalam hal ini masyarakat harus secara mandiri memahami pentingnya literasi sebelum menyimpulkan inforasi di Internet.

  1. Menerapkan Etika Digital

Pendidikan literasi membantu individu untuk memahami implikasi dari etika penggunaan teknologi, termasuk memahami bagaimana berinteraksi secara etis di dunia maya. Menerapkan etika digital ini sangat penting untuk mencegah perundungan yang kerap terjadi di media sosial.

Media sosial memberikan kemudahan setiap individu untuk berkomentar dan mengungkapkan pendapat. Akan tetapi, seringkali kebebasan ini disalahgunakan dan individu cenderung menjadi perundung di media sosial melalui kata-kata yang dituliskan pada kolom komentar.

Individu yang memiliki pendidikan literasi yang baik akan dapat mencegah hal tersebut dan tetap menerapkan etika yang benar ketika berselancar di dunia maya. Menerapkan etika digital dapat dilakukan dengan menanamkan empati ketika bersosialisasi di media sosial, membiasakan menggunakan kata yang tidak diskriminatif, dan tidak membagikan konten yang dapat mengadu domba

  1. Membiasakan untuk Berpikir Kritis dan Analitis

Pentingnya pendidikan literasi dalam menghadapi era informasi dan teknologi tidak hanya mencakup tentang kemampuan dalam berpikir kritis dan analitis terhadap informasi yang didapatkan. Banyaknya informasi yang diterima, individu perlu melakukan penilaian terhadap kevalidan, keberimbangan, serta sumber informasi tersebut.

Jika memiliki pendidikan literasi yang baik, setiap individu akan dapat menganalisis dan menyaring informasi yang ada berdasarkan pemahaman yang mendalam. Ini juga akan membuat SDM Indonesia semakin berkualitas tentunya.

  1. Media Sosial sebagai Wadah Kolaborasi

Jika memiliki pendidikan literasi, individu akan dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk melakukan kolaborasi. Individu yang melek dengan literasi cenderung akan lebih aktif dalam membagikan ide, berdiskusi, dan berpartisipasi dalam masyarakat di media maya. Individu dapat memanfaatkan media digital untuk melakukan koordinasi dalam pekerjaan atau menggunakan media sebagai sarana penunjang untuk berbagai bidang.

Media digital memungkinkan setiap individu untuk dapat berkolaborasi dengan lebih mudah. Tanpa harus bertemu secara fisik, setiap individu dapat mewujudkan project-project kegiatan positif dengan adanya media sosial saat ini.

  1. Menciptakan Kreasi Digital yang Positif

Individu yang memiliki pendidikan literasi akan terdorong untuk menciptakan kreasi digital yang bersifat positif. Kemudahan dalam menyebarkan informasi melalui media digital, dapat menjadi sarana bagi individu untuk menyebarkan ide dan kreasi positif yang dimiliki.

Pada saat ini, hampir seluruh lapisan masyarakat berkumpul dan mencari informasi di media digital, sehingga, informasi-informasi positif yang dapat berupa gambar, audio, atau video dapat disebarluaskan dengan cepat.  Pendidikan literasi menjadi sangat penting untuk menghadapi era informasi dan teknologi saat ini.

Banjirnya informasi yang didapatkan saat ini menjadikan penguasaan terhadap literasi sangat penting agar setiap orang dapat menggunakan media digital dengan bijak. Penting untuk dipahami bahwa pendidikan literasi bukanlah tujuan akhir, tetapi sebuah proses yang terus berkembang seiring dengan perubahan teknologi dan informasi.

Nah, itulah pentingnya pendidikan literasi dalam menghadapi era informasi dan teknologi di Indonesia. Masyarakat yang sadar literasi akan lebih siap dalam menghadapi tantangan masa depan dan mendukung perkembangan positif dalam era informasi dan teknologi saat ini.

Meta kreyword: pentingnya pendidikan literasi dalam menghadapi era informais dan teknologi

Meta deskripsi: Pentingnya pndidikan literasi dalam menghadapi era informasi dan teknologi menjadi komponen penting yang harus dimiliki oleh individu dalam menghadapi berkembang pesat saat ini.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMK Model Patriot IV Ciawigebang Sukses Gelar Uji Kompetensi Keahlian

Pada tanggal 16-17 April 2024, SMK Model Patriot IV Ciawigebang telah berhasil melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian bagi siswa-siswinya. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang turu

17/04/2024 17:46 - Oleh Administrator - Dilihat 110 kali
Pengaruh Lingkungan Terhadap Kualitas Belajar

Pengaruh Lingkungan Terhadap Kualitas Belajar (Imas Siti Nurhasanah, S.H) Pengaruh lingkungan terhadap kualitas belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keb

02/03/2024 10:26 - Oleh Administrator - Dilihat 980 kali
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasional Untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasional untuk Memenuhi Kebutuhan Industri Oleh : Hj. Tati Nursiti, S.Pd. Meningkatkan kualitas pendidikan vokasional untuk memenuhi kebutuhan indus

18/02/2024 12:13 - Oleh Administrator - Dilihat 465 kali
PKKS SMK Model Patriot IV Ciawigebang Tahun 2023

Hari ini, telah selesai dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah oleh pengawas SMK. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan salah satu upaya untuk mengukur sejauh mana ki

18/12/2023 12:19 - Oleh Administrator - Dilihat 136 kali
PENTINGNYA ORGANISASI DALAM RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN

PENTINGNYA ORGANISASI DALAM RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN Oleh : Neni Anih, S.Pd.I. Kuningan, Desember 2023 Abstrak Latar belakang dalam artikel ini adalah bagaimana cara belajar beror

03/12/2023 04:06 - Oleh Administrator - Dilihat 870 kali
KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK DAN SMK PUSAT KEUNGGULAN

KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK DAN SMK PUSAT KEUNGGULAN (Endang Hernawan, S.Pd) Pendidikan adalah hal yang paling mendasar bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu kualitas pendidik

02/12/2023 11:37 - Oleh Administrator - Dilihat 157 kali
Peran Bahasa Inggris di Era Revolusi Industri 4.0

Peran Bahasa Inggris di Era Revolusi Industri 4.0 (Angga Permadi, S.Pd.) Akhir-akhir ini istilah era revolusi industry 4.0 kerap disebut-sebut oleh banyak orang. Kendati demikian, mas

01/12/2023 14:53 - Oleh Administrator - Dilihat 505 kali
Siswa SMK Model Patriot IV Ciawigebang Raih 4 Piala dalam Kuningan Silat Championship

Kuningan, 23 November 2023 - Siwa SMK Model Patriot IV Ciawigebang mengukir prestasi mengagumkan dalam kegiatan Kuningan Silat Championship. Dalam kompetisi ini, mereka berhasil membawa

23/11/2023 18:04 - Oleh Administrator - Dilihat 435 kali
Prestasi Memukau! Tim Tari SMK Model Patriot IV Ciawigebang Juara 1 Lomba Tari Wilayah 3 Cirebon

Cirebon, 23 November 2023 - Tim Tari SMK Model Patriot IV Ciawigebang berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih gelar juara 1 dalam Lomba Tari se- Wilayah 3 Cirebon. Lomba yang

23/11/2023 15:03 - Oleh Administrator - Dilihat 299 kali
Indra Gunawan ikuti Kegiatan Pekan Olahraga PGRI Se- Jawa Barat

Sebuah prestasi menggembirakan datang dari Indra Gunawan, S.Pd.I., yang merupkan guru SMK Model Patriot IV Ciawigebang, dimana ia berhasil mewakili Kabupaten Kuningan dalam kegiatan Pek

14/11/2023 12:10 - Oleh Administrator - Dilihat 179 kali